Peran Senyawa Bioaktif Kedelai dalam Pangan Fungsional dan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i6.17968Keywords:
Kedelai, Senyawa Bioaktif, Isoflavon, Saponin, Peptida, Kesehatan, Pangan FungsionalAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi potensi senyawa bioaktif dalam kedelai (Glycine max) sebagai pangan fungsional yang dapat mendukung kesehatan dan mencegah penyakit degeneratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi manfaat kesehatan dari isoflavon, saponin, dan peptida bioaktif yang terkandung dalam kedelai. Metode yang digunakan desain studi systematic literature review metode PRISMA, terdiri dari empat tahapan : identifikasi, skrining, kelayakan dan hasil. Studi yang dimasukkan adalah jurnal RCT full-text yang mengkaji peran senyawa bioaktif kedelai dalam pangan fungsional dan kesehatan. Pencarian literatur dilakukan melalui database Scopus dan Google Scholar untuk jurnal yang dipublikasi antara tahun 2014 hingga 2024. Data menunjukkan bahwa isoflavon, seperti genistein dan daidzein, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan inflamasi, sedangkan saponin berfungsi sebagai agen hipolipidemik. Peptida bioaktif, termasuk lunasin, memberikan efek anti-inflamasi yang mendukung kesehatan usus. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa integrasi kedelai dalam pola makan sehari-hari dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dosis optimal dan mekanisme kerja senyawa bioaktif ini.
References
Elias, R. J., Hayes, J. E., & Lambert, J. D. (2017). Soy protein concentrate mitigates markers of colonic inflammation and loss of gut barrier function in vitro and in vivo. The Journal of Nutritional Biochemistry, 40, 201–208.
Garg, S., Lule, V. K., Malik, R. K., & Tomar, S. K. (2021). Soy Bioactive Components in Functional Perspective: A Review. International Journal of Food Properties, 19(11).
Gonzalez de Mejia, E. (2022). Soybean bioactive compounds: Health benefits and potential applications. Journal of Nutritional Science, 11.
Indiano-Romacho, P., Fernández-Tomé, S., Amigo, L., & Hernández-Ledesma, B. (2021). Multifunctionality of lunasin and peptides released during its simulated gastrointestinal digestion. Food Research International, 125, 108513.
Krisnawati, A. (2017). Kedelai sebagai sumber pangan fungsional soybean as source of functional food. Iptek Tanaman Pangan, 12(1), 57-65.
Kusumah, J., & Mejia, E. G. (2022). The impact of soybean bioactive compounds on chronic inflammation: A systematic review. Nutrients, 14(9), 1939.
Perdana, S. W. (2021). The Effects of Giving Isoflavones in Soybeans in Losing Weight. Jurnal Medika Hutama, 2(4), 1067-1072.
Rizzo, G., & Baroni, L. (2018). Soy, soy foods and their role in vegetarian diets. Nutrients, 10(1), 43.
Suratno, Y. D., Palupi, N. S., & Astawan, M. (2014). Pola konsumsi pangan fungsional dan formulasi minuman fungsional instan berbasis antioksidan. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 1(1), 56-64.
Syarpia, R., & Kurniati, K. (2020). Potensi Susu Kedelai sebagai Anti Hipertensi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(1), 77-84.
Triandita, N., & Putri, N. E. (2019). Peranan kedelai dalam mengendalikan penyakit degeneratif. Jurnal Teknologi Pengolahan Pertanian, 1(1), 6-17.
Taku, K., Umegaki, K., Sato, Y., Taki, Y., Endoh, K., & Watanabe, S. (2017). Soy isoflavones lower serum total and LDL cholesterol in humans: A meta-analysis of 11 randomized controlled trials. American Journal of Clinical Nutrition, 85(4), 1148–1156.
WHO, G. S. (2014). Global status report on noncommunicable diseases 2010.
Wu, Y., Zhang, L., & Chen, J. (2023). The effects of soy isoflavones on metabolic health: A review of recent findings. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 63(1), 1-18.
Xie, C. L., Park, K. H., Kang, S. S., Cho, K. M., & Lee, D. H. (2020). Isoflavone-enriched soybean leaves attenuate ovariectomy-induced osteoporosis in rats by anti-inflammatory activity. Journal of the Science of Food and Agriculture, 101(4), 1499–1506.
Yari, Z., Tabibi, H., Najafi, I., Hedayati, M., & Movahedian, M. (2020). Effects of soy isoflavones on serum systemic and vascular inflammation markers and oxidative stress in peritoneal dialysis patients: A randomized controlled trial. Phytotherapy Research, 34(11), 3011–3018.
Yulifianti, R., Muzaiyanah, S., & Utomo, J. S. (2018). Kedelai sebagai bahan pangan kaya isoflavon. Buletin Palawija, 16(2), 84-93.
Zhao, Y., Naren, G., & Qiang, J. (2021). Protective effects of soy isoflavones against chronic diseases: A review. Food Science & Nutrition, 9(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indra Harianto, Della Aprilia, Fajar Ruhiya, Titi Rohmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




